Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti

Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti. Ada sembilan kebiasaan utama yang harus dikembangkan untuk kesuksesan bisnisKetika anda menjadi kompeten dan mampu di masing-masing bidang ini, maka anda akan mampu mencapai hasil yang luar biasa, jauh lebih cepat dan lebih mudah dari pada pesaing anda.

Syarat pertama untuk sukses adalah :

  1. MEMBUAT PERENCANAAN

 Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti pertama adalah anda anda membuat perencanaan lebih menyeluruh dan lebih rinci. Dengan merencanakan aktifitas anda sebelumnya, anda akan lebih cepat dan lebih mudah untuk melaksanakan rencana anda dan mendapatkan hasil yang anda inginkan.

           Untuk merencanakan dengan lebih baik, kembangkanlah kebiasaan bertanya dan menjawab pertanyaan berikut :

  1. Apa sebenarnya produk dan layanan anda.
  2. Siapa sebenarnya pelangggan anda
  3. Mengapa pelanggan anda membeli 
  4. Nilai tambah apa yang dianggap pelanggan anda
  5. Apa yang membuat produk dan layanan lebih unggul dari pesaing
  6. Mengapa calon pelanggan anda membeli dari pesaing anda
  7. Nilai apa yang dilihat dalam membeli dari pesaing anda
  8. Bagaimana caranya mengimbangi persepsi dan membuat pelanggan pesaing membeli produk anda
  9. Setelah ajukan pertanyaan dan menjawabnya, tahap perencanaan berikutnya adalah menetapkan target spesifik untuk penjualan dan profitabilitas


Dapatkan inside bisnis lainnya di sini…….

    1. Anda harus menentukan orang yang tepat, uang, periklanan, pemasaran, distribusi, administrasi dan fasilitas yang anda perlukan  untuk melayani orang lain dan mencapai tujuan anda.
    2. 2. MENGORGANISIR ORANG DAN SUMBER DAYA
    3. Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti kedua adalah Kembangkan kebiasaan mengorganisir orang dan sumber daya yang anda butuhkan sebelum anda mulai.Di militer ada pepatah: Amatir bicara strategi, tapi profesional bicara logistik.   Anda harus menentukan setiap bahan yang anda perlukan sebelum anda memulai operasi bisnis, sehingga anda siap saat memulai proyek anda.    Kegagalan untuk mempersiapkan bahan yang penting bisa menyebabkan kelambatan dalam bisnis anda.
    4. 3. MENEMUKAN ORANG YANG TEPAT
    5. Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti ketiga adalah  harus anda kembangkan adalah kebiasaan mempekerjakan orang yang tepat untuk membantu anda mencapai tujuan anda. Sepenuhnya 95 % kesuksesan anda dalam berbisnis akan ditentukan oleh kualitas orang yang anda rekrut untuk bekerja dengan anda atau dengan tim anda. FAKTA : Perusahaan atau Bisnis terbaik memiliki orang-orang terbaik.
    6. 4. MENDELEGASIKAN PEKERJAAN
  1. Kebiasaan Pengusaha Sukses yang Patut Kita Ikuti ke empat  yang perlu anda kembangkan untuk kesuksesan bisnis adalah kebiasaan delegasi yang tepat dengan cara yang benarKetidakmampuan untuk mendelegasikan secara efektif dapat menjadi penyebab kegagalan atau kinerja buruk individu dan bahkan penyebab kegagalan bisnis.Dalam memulai bisnis anda biasanya melakukannya sendiri, seiring waktu usaha tumbuh dan berkembang pekerjaan menjadi terlalu besar untuk satu orang, sehingga anda memerlukan seseorang untuk melakukan sebagian. Namun tetap perlu berhati-hati jangan sepenuhnya menyerahkan otoritas dan tanggung jawab kepada orang lain. Intinya adalah  kita harus belajar untuk berpikir menyelesaikan sesuatu melalui orang lain, dari pada mencoba melakukannya sendirianInilah satu-satunya cara anda dapat memanfaatkan dan menggandakan keahlian dan kemampuan khusus anda.
  2. 5. PENGAWASAN YANG TEPAT
  3. Syarat kelima untuk sukses bisnis adalah mengembangkan kebiasaan pengawasan yang tepatAnda harus menyiapkan sistem untuk memantau  tugas dan memastikannyaSetelah mendelegasikan tugas penting bagi anda untuk memantau tugas kinerja, seperti dilakukan sesuai jadwal dan sesuai kwalitas yang dibutuhkan. Ingat: Pendelegasian bukanlah pelepasan, artinya anda masih bertanggung jawab atas hasil  akhir tugas yang didelegasikan, siapkan sistem pelaporan agar  anda siap selalu diinformasikan mengenai status pekerjaan. Pastikan orang lain tahu apa yang harus dilakukan dan kapan dan tentukan standardnyaTugas anda kemudian adalah memastikan bahwa mereka memiliki waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaanSemakin penting pekerjaannya semakin sering anda harus memeriksa kemajuannya.
  4. 6. MENGUKUR KINERJA
  5. Kebiasaaan keenam pengusaha dan eksekutif sukses adalah kebiasaan mengukur kinerja. Anda harus menetapkan standard dan skor yang spesifik dan terukurSangat penting untuk memilih dan menentukan tujuan, ukuran, dan aktifititas spesifik yang kemudian digunakan sebagai tolak ukur kinerja, terus pantau dan pastikan bahwa semua orang berada di jalur yang benar.
  6. 7. MELAPORKAN HASIL SECARA TERATUR DAN AKURAT
  7. Kebiasaan ketujuh bagi pebisnis adalah kebiasaaan melaporkan hasil secara teratur dan akuratOrang-orang disekitar perlu tahu apa yang sedang terjadi misalnya kondisi usaha/bisnis.     Bankir  anda membutuhkan untuk mengetahui status dan situasi perusahaan anda, staff anda perlu mengetahui status dan situasi usaha anda, dan semua tingkatan perlu tahu apa hasil yang sedang dicapai.    Semakin teliti dan akurat anda melapor orang-orang tentang detail dan situasi bisnis anda, mereka akan semakin bahagia dan hasil yang lebih baik yang akan anda dapatkan.Ada lagi kebiasaan tambahan yang perlu anda kembangkan yaitu Tekad untuk menang, untuk mengungguli pesaing anda dan pada akhirnya menjadi orang yang suksesIni naluri kompetitif dan tekad untuk menang dalam menghadapi apapun hambatan atau kesulitan adalah kekuatan motivasi utama yang mendorong pengusaha akhirnya mendapatkan jaminan karir yang suksesAnda menggunakan kecepatan dan fleksibilitas untuk menemukan solusi atas masalahSikap untuk menang memotivasi dan menyemangati orang lain sehingga rekan kerja yang tadinya orang-orang  biasa dapat mencapai hasil yang luar biasa.  8. TERBUKA TERHADAP INFORMASI BARU
  8. Kembangkan kebiasaan mempertanyakan asumsi anda seara teratur, khususnya ketika anda mengalami penolakan atau kegagalan sementaraBersiaplah utuk bertanya bagaimana jika asumsi tentang produk, pelanggan, pasar atau pesaing kurang akurat. Perubahan apa yang harus anda lakukanBuatlah keputusan anda berdasarkan kebenaran yang dapat dibuktikan berkaitan dengan pelanggan, pasar, produk dan layanan.
  9. 9. BERPIKIR SEBELUM BERTINDAK
  10.  Dunia bisnis berubah sangat cepat, maka perlu dikembangkan kebiasaaan berpikir sebelum bertindak, jangan karena tertekan akhirnya membuat kesimpulan yang salah tanpa mempertimbangkan dengan cermat semua kemungkinan konsekuensi dari keputusan tsb. Ada aturan yang mengatakan:Jika keputusan tidak harus dibuat sekarang tidak harus dibuat sekarang. Ada waktu untuk memikirkan sebelum membuat keputusan akhir. Apabila memungkinkan perlu berdiskusi dengan pengusaha sukses meminta masukan untuk mengembangkan ide bisnis karena mereka sudah cukup teruji dan sudah melewati pasang surut dan dapatkan pengalaman dan ide-ide hebat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *