Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis

Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis. Ada beberapa strategi berpikir dan bertindak yang bisa anda pelajari melalui latihan yang akan membuat anda jauh lebih efisien dan efektif terutama di bidang menghasilkan penjualan dan arus kas untuk bisnis anda.

Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis adalah Spesialisasi, differensiasi, segmentasi dan konsentrasi. Mari akan kita bahas satu persatu.

   1.Spesialisasi 

Anda harus putuskan dengan jelas area yang akan menjadi spesialisasi anda untuk bersaing dan menang di pasar saat iniIndividu dan organisasi yang punya spesialisasi  jauh lebih efektif dalam membuat dan mempertahankan pelanggan dari pada bisnis yang menggeneralisai atau mencoba menawarkan terlalu banyak produk dan layanan kepada pelanggan atau kepasar.

Intinya adalah dalam pemasaran anda hanya berspesialisasi dalam tiga area utama : Produk atau layanan, pelanggan dan pasar. Ketika anda memutuskan punya spesialisasi dalam produk atau layanan.

Maka semua energi anda akan tercurahkan untuk memproduksi produk tertentu atau layanan  tertentuIngat: Dimana fokusmu berada disitu energimu mengalirMisalnya mengkhususkan diri pada makanan siap saji, anda hanya menghasilkan makanan yang bisa diambil dan dikonsumsi, anda tidak menawarkan produk apapun yang tidak termasuk dalam kategori  “makanan cepat sajiatau jika anda khusus dalam produksi traktor, jangan memproduksi mebel atau furniture

Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis ini dalam prakteknya sangat banyak godaan untuk kemungkinan untuk menggeneralisasi dan menawarkan berbagai macam produk dan layanan yang melayani berbagai macam pelanggan dan pasar yang sangat menggoda. Tetapi biasanya pebisnis yang sukses menahan godaan untuk menggarap banyak bidang tetapi sebaliknya mereka mengkhususkan diri dalam bidang tertentu dimana mereka mempunyai kemampuan untuk mendominasi pasar

  1. Differensiasi

Membedakan Produk atau Layanan anda dari semua pesaing, Lakukanlah pembedaan produk atau layanan anda dari pesaing untuk pelanggan yang samaKarena pelanggan hanya membeli apa yang mereka anggap sebagai yang terbaik. Misalnya yang terbaik itu pengiriman yang cepat dan praktis, terkadang produk yang mempunyai daya tahan lama, bisa juga kenyamanan atau harga murah

Tetapi dalam setiap kasus yang penting adalah bagaimana anda untuk membedakan produk dan layanan anda dari pesaing dan ini disebut area keunggulan kompetitif anda atau area keunggulan anda, so …buatlah produk atau layanan anda jauh lebih unggul dari pesaing yang lain. Ini akan menentukan efektifitas dan semua penjualan dan pemasaran anda, karena tanpa keunggulan kompetitif yang jelas tidak mungkin bagi anda untuk bertahan dan berkembang di pasar yang sulit

Jack Welch pernah berkataJika anda tidak memiliki keunggulan kompetitif jangan bersaing Sehingga kita bertanya apa keunggulan kompetitif kita, apa yang membuat produk dan layanan kita lebih unggul dari pesaing kitaBanyak juga wirausaha pemula menjadi sukses karena kepribadian dan karakter yang baik yang lebih disukai pelanggan dari pada wirausaha yang lain dalam produk yang sama.

Ada baiknya bertanya pada diri sendiri apa keunggulan anda hari ini, atau 2-3 tahun dari sekarang, bagaimana trend bisnis anda, apa yang anda lakukan berbeda agar dapat bertahan dan berkembang di pasar masa depanKemampuan anda untuk berpikir ke depan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan hari ini untuk memastikan bahwa anda memiliki keunggulan kompetitif anda di masa depan dan kesuksesan jangka panjang. Differensiasi adalah Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis yang kedua.

Yuk.. dapatkan Inside bisnis lainnya di sini……

  1. Segmentasi

Strategi ketiga pemasaran adalah segmentasi, ada banyak orang yang mungkin mampu membeli produk yang anda jual tapi tidak semuanya yang akan benar-benar membeli, nah kemampuan anda untuk menganalisis pasar dan membuat profil jenis pelanggan yang menghargai produk anda lebih baik dari pesaing anda adalah kunci kesuksesan pemasaran.

 Di pasar manapun ada profil pembeli potensial yang bersedia membayar anda untuk produksi khusus anda karena mereka menghargai penawaran anda lebih dari pesaing anda.  Segmentasi adalah Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis yang kedua.

  1. Strategi keempat untuk sukses pemasaran adalah konsentrasi.

Kemampuan anda untuk berkonsentrasi secara umum sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam aktifitas apapun. Tapi konsentrasi  secara khusus untuk memfokuskan semua upaya pemasaran dan penjualan anda dan energi pada pelanggan tertentu yang telah di identifikasi  adalah kunci untuk memaksimalkan penjualan, pendapatan dan keuntungan anda.

Karena produk, pasar, pelanggan dan kebutuhan berubah dengan cepat anda harus terus menerus memastikan bahwa anda berada di jalur yang benar dan mencapai hasil maksimal. Kapanpun anda mengalami kesulitan menjual produk atau layanan, anda perlu mengembangkan kebiasaan menilai bisnis anda dengan jujur , apakah produk atau layanan yang tepat untuk pelanggan anda saat ini. Sebaiknya tidak kaku dalam ide anda tentang produk atau layanan , bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap kemungkinan atau kebutuhan menawarkan sesuatu yg benar-benar baru atau berbeda. Kembangkan kebiasaan memeriksa kembali harga produk atau layanan

Terkadang anda perlu menurunkan harga anda, di lain waktu mungkin saja tepat untuk menaikkan hargaDengan menaikkan harga, mereka mungkin kehilangan persentase tertentu tapi disisi lain menghasilkan keuntungan dari setiap penjualan. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan seperti mengubah syarat dan ketentuan penjualan, atau dengan penawaran khusus dan promosi khusus, bahkan terkadang anda dapat menyertakan item tambahan gratis dengan biaya yang sangat murah tetapi membuat harga anda tampak jauh lebih menarik bagi pelanggan anda konsentrasi adalah Strategi Pemasaran Produk Agar Laris Manis yang terakhir

Bersikaplah terbuka terhadap kebutuhan untuk merevisi  harga anda jika perlu agar tetap kompetitif dan untuk bertahan dan berkembang di pasar yang berubah dengan cepat.

Perubahan kecil dalam cara anda mempromosikan dan menjual produk dapat menghasilkan perubahan yang dramatis.  Perubahan kecil dalam keahlian penjualan sering kali menghasilkan hasil yang cepat dan peningkatan hasil penjualan, sehingga perlu mempelajari dan mempraktekkan metodologi penjualan yang lebih baik.

Kembangkan kebiasaan melihat setiap elemen dalam kemasan produk anda dengan sudut pandang yang kritis, Pebaikan kecil pada Pada kemasan atau penampilan eksternal  produk atau layanan seringkali dapat menyebabkan reaksi yang sangat  berbeda  pada pelanggan andaSelanjutnya untuk menjadi sukses dalam bisnis pemasaran anda harus mengembangkan kebiasan berpikir  siapa yang akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Anda harus dapat menarik dan menempatkan orang yang tepat ke dalam posisi yang benar

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *